Taman Burung Terbaik dan Terbesar di Indonesia

Indonesia memiliki beragam taman burung yang menarik perhatian wisatawan lokal dan mancanegara. Di antara banyaknya taman burung yang ada, Jakarta Bird Land Ancol menonjol sebagai salah satu yang terbaik. Artikel ini akan mengulas keunikan Jakarta Bird Land Ancol, mengapa taman ini layak dikunjungi, serta berbagai wahana menarik yang dapat dinikmati di dalamnya.

promo paket bertiga jbl 2024

Mengapa Taman Burung Jakarta Bird Land Ancol Layak Dikunjungi

Jakarta Bird Land Ancol menawarkan pengalaman unik bagi pengunjung, tidak hanya memberikan konsep petualangan bersama lebih dari 100 spesies burung dari seluruh dunia, melainkan liburan edukasi yang bisa memberikan pengalaman terbaik untuk keluarga. Keberagaman spesies burung di Jakarta Bird Land Ancol dibebas liarkan tanpa kandang sehingga pengunjung bisa langsung berinteraksi tanpa ada batas, seakan-akan memang sedang berkunjung kehabitat aslinya, bahkan dengan mudah memberi makan yang telah disediakan oleh petugas. Selain itu, lokasinya yang strategis dan sangat mudah dijangkau oleh beragam kendaraan umum maupun pribadi dan menjadi titik tujuan utama para pengunjung dari daerah manapun, tidak hanya dari Jabodetabek saja.

Wahana dan Atraksi di Taman Burung Jakarta Bird Land Ancol

1. Bird Show

Salah satu daya tarik utama di Jakarta Bird Land Ancol adalah Bird Show. Interaksi burung dengan pelatih dan pengunjung menampilkan aksi-aksi spektakuler dari berbagai jenis burung yang terlatih, mulai dari burung Hantu, Makau, Rangkong Julang emas, Kakatua hingga burung Elang. Pengunjung dapat melihat burung-burung dengan lihai bermain bersamai para pelatih yang selalu menyisipkan sisi edukatif dan menghibur.

2. Walk-in Aviary

Walk-in Aviary adalah aviari burung yang luas dan memungkinkan pengunjung untuk berjalan di dalamnya serta melihat burung-burung eksotis dari dekat tanpa batas. Aviari ini dirancang menyerupai habitat alami burung lengkap dengan rerimbunan pohon, danau serta aneka tanaman yang biasa menjadi tempat kesukaan beberapa jenis burung, sehingga pengunjung dapat merasakan pengalaman petualangan yang lebih autentik.

3. Pengamatan Burung

Feeding Session memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk memberi makan burung-burung secara langsung. Pengunjung dapat membeli pakan khusus yang disediakan dan memberi makan burung dengan tangan mereka sendiri, memberikan pengalaman interaktif yang menyenangkan dan mendidik. Pengunjung tidak perlu ragu untuk meminta pakan dari petugas untuk diberikan kepada burung-burung yang terbang atau berjalan kesana kemari di area Jakarta Bird Land Ancol.

4. Feeding Session

Feeding Session memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk memberi makan burung-burung secara langsung. Pengunjung dapat membeli pakan khusus yang disediakan dan memberi makan burung dengan tangan mereka sendiri, memberikan pengalaman interaktif yang menyenangkan dan mendidik. Pengunjung tidak perlu ragu untuk meminta pakan dari petugas untuk diberikan kepada burung-burung yang terbang atau berjalan kesana kemari di area Jakarta Bird Land Ancol.

5. Bird Education Center

Bird Education Center adalah pusat edukasi yang memberikan informasi mendalam tentang berbagai jenis burung yang ada di Jakarta Bird Land Ancol. Di sini, pengunjung dapat belajar tentang habitat, pola migrasi, dan upaya konservasi burung melalui display interaktif dan informasi yang mudah dipahami. Selain itu, petugas di area sangat ramah untuk dimintai keterangan terhadap beragam jenis burung di Jakarta Bird Land Ancol.

6. Kids Zone

Kids Zone adalah area khusus yang dirancang untuk anak-anak. Di sini, anak-anak dapat bermain sambil belajar tentang burung melalui berbagai permainan edukatif dan aktivitas interaktif. Area ini memastikan bahwa anak-anak juga dapat menikmati kunjungan mereka ke Jakarta Bird Land Ancol dan burung-burung yang berada di area ini merupakan burung yang sudah aman atau jinak terhadap anak-anak namun tetap didalam pengawasan penjaga.

Tips Mengunjungi Jakarta Bird Land Ancol

  1. Datang Pagi: Untuk menghindari keramaian dan menikmati suasana yang lebih tenang, datanglah pagi hari.
  2. Bawa Kamera: Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah bersama burung-burung eksotis namun tidak disarankan menggunakan lampu tambahan atau flash kamera.
  3. Kenakan Pakaian Nyaman: Pastikan untuk mengenakan pakaian dan sepatu yang nyaman karena Anda akan banyak berjalan dalam menikmati petualangan di lokasi Jakarta Bird Land Ancol.
  4. Bawa Air Minum: Air minum dalam kemasan tumbler masih diperbolehkan selama pengunjung menikmati air di lokasi yang aman dari aktifitas burung.
  5. Ikuti Jadwal Pertunjukan: Cek jadwal Bird Show dan Feeding Session yang tersedia pada papan pengumuman disetiap sudut area agar Anda tidak melewatkan atraksi menarik.

Promo Jakarta Bird Land Ancol

Bertiga ke Jakarta Bird Land mulai dari 40rb/orang, Hemat Banget!

Kamu bisa berinteraksi langsung dengan ratusan burung yang ada di Jakarta Bird Land. Bisa bermain bareng, foto bareng, hingga memberikan mereka makan, dan pastinya belajar mengenal keunikan burung-burung asli Indonesia dan mancanegara!

Informasi Tiket dan Jam Operasional

Tiket Masuk Jakarta Bird Land Ancol

Harga tiket masuk ke Jakarta Bird Land Ancol bervariasi tergantung pada hari dan usia pengunjung. Pastikan untuk memeriksa harga tiket terbaru di situs resmi Ancol sebelum mengunjungi.

Jam Operasional Taman Burung Jakarta Bird Land Ancol

Jakarta Bird Land Ancol buka setiap hari dari pukul 09:00 hingga 18:00. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada pagi hari saat burung-burung sedang aktif.

Jakarta Bird Land Ancol adalah destinasi wisata yang ideal bagi para pecinta burung atau siapapun yang ingin mengenal dunia burung secara lebih dekat dan edukatif. Jadi, jika Anda mencari taman burung terbaik di Indonesia, Jakarta Bird Land Ancol adalah pilihan yang tepat. Selamat menikmati keindahan burung-burung eksotis dan aktivitas seru di sana!